Alvaro Morata Jadi Kapten Timnas Spanyol

Redaksi

Foto: Alvaro Morata Pemain Timnas Spanyol
Foto: Alvaro Morata Pemain Timnas Spanyol

Jakarta – Luis de la Fuente, yang merupakan pelatih Tim Nasional (Timnas) Spanyol, resmi memilih Alvaro Morata sebagai kapten tim untuk ajang Euro 2024 yang sudah terlaksana sejak Jumat (14/6/2024) atau Sabtu dini hari WIB.

Keputusan ini diambil meskipun ada pemain berpengalaman lainnya seperti Dani Carvajal dan Nacho yang juga dibawa ke turnamen itu. Karenanya, Alvaro Morata, penyerang andalan Atletico Madrid itu pun mengaku bangga bisa menerima tanggung jawab ini.

“Bermain untuk Spanyol adalah kehormatan tersendiri. Sebuah kebanggan bagi saya bisa neraih top skor dan jadi kapten tim nasional, saya bisa meraih keduanya selangkah demi selangkah,” ujar Morata dalam wawancara di situs resmi UEFA pada hari Sabtu (15/6/2024).

Pria kelahiran 23 Oktober 1992 ini pun telah menunjukkan performa yang konsisten di level internasional, dengan mencatatkan sebanyak 35 gol dalam 75 pertandingan untuk Timnas Spanyol.

Angka ini membuatnya sejajar dengan David Silva sebagai pencetak gol terbanyak keempat sepanjang masa untuk La Roja, hanya berada di belakang Fernando Torres (38 gol), Raul Gonzalez (44 gol), dan David Villa (59 gol).

Alvaro Morata pun merasa sangat senang sekali bisa mendekati skor terbanyak dari Fernandes Torres, Raul Gonzales dan David Villa. Menurutnya, mereka adalah orang yang luar biasa dan sering memberikannya saran ketika bermain sepak bola.

“Mereka memberikan saran bagus, selalu ada untuk saya dan itu membuat saya bahagia,” terangnya.

Spanyol vs Italia

Merasa tidak asing dengan sepak bola Italia, Alvaro Morata mengungkapkan bahwa dirinya pernah bermain untuk Juventus selama dua periode, yaitu pada 2014-2016 dan 2020-2022.

“Saya sangat menyukai Italia, karena mereka selalu menerima saya dengan baik di sana. Namun, di dua Euro yang saya mainkan di (2016 dan 2020) kami tersingkir oleh mereka,” tuturnya.

Ia menegaskan bahwa Juventus benar-benar klub sepak bola yang sangat kompetitif dan patut diwaspadai. Sehingga, butuh banyak persiapan untuk bisa menang.

“Walau begitu, mereka (Juventus) juga tidak suka bermain melawan Spanyol. Tapi, kami akan tetap fokus dan bekerja keras untuk menghadapi mereka di Euro 2024,” tegasnya.

Timnas Spanyol akan memulai perjalanan mereka di Euro 2024 dengan menghadapi Italia di Stadion Olimpiade Berlin.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung pada pukul 23.00 WIB, dan diperkirakan bakal jadi laga yang penuh tantangan mengingat sejarah pertemuan kedua tim di turnamen sebelumnya.

Namun dengan semangat dan tekad yang tinggi, Alvaro Morata siap memimpin Timnas Spanyol untuk meraih kesuksesan di Euro 2024.

Bagikan: