Danau Kumbara Pesona Alam Tersembunyi di Desa Kota Bangun III

Redaksi

Foto: Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara menyajikan keindahan alam sebagai destinasi wisata bagi wisatawan.
Foto: Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara menyajikan keindahan alam sebagai destinasi wisata bagi wisatawan.

Bebaca.id, Tenggarong – Desa Kota Bangun III, yang terletak di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memukau para pengunjung dengan kecantikan alamnya yang memukau, destinasi wisata ini telah diubah sedemikian rupa agar dapat dinikmati dengan nyaman oleh wisatawan yang datang.

Di antara tempat-tempat menarik di Desa Kota Bangun III seperti persawahan Sumedang, Bukit Jumiring, Bukit Sundul Langit, dan Edukasi AGM, Danau Kumbara telah menjadi tujuan favorit wisatawan saat ini.

Menurut Denni, “Wisatawan yang berkunjung dapat memberi makan ikan dengan harga tiket masuk dewasa sebesar Rp5 ribu, sementara anak-anak dapat masuk gratis.”

Selain itu, salah satu perusahaan yang beroperasi di kawasan Desa Kota Bangun III juga turut serta dalam pengembangan Danau Kumbara dengan menyumbangkan bibit tanaman buah, seperti jambu air dan jambu kristal, untuk mempercantik area sekitar danau.

“Danau Kumbara semakin terlihat seperti agrowisata dengan kehadiran tanaman-tanaman tersebut,” tambahnya.

Tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan, Danau Kumbara juga memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan menjual berbagai olahan makanan kepada pengunjung.

“Peluang wisata ini sangat menjanjikan bagi penduduk sekitar. Diharapkan dengan adanya fasilitas tambahan seperti kolam renang, akan terbuka lapangan kerja baru bagi mereka,” tutup Denni.

Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara, sungguh menawarkan pesona alam yang memikat bagi para wisatawan.

Penulis : Reihan Noor

Bagikan:

Tinggalkan komentar