Dispar Kukar Dorong Objek Wisata Untuk Berikan Dampak Positif

Redaksi

Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bebaca.id, TENGGARONG – Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kutai Kartanegara (Kukar), Pemkab Kukar telah merencanakan pengembangan terhadap delapan destinasi wisata.

Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta menyampaikan, bahwa wisata ini seperti Waduk Panji Sukarame, Planetarium Tenggarong, hingga Pulau Kumala, Rekreasi Temanggungan, Sport Memancing, Monumen Tugu Equator, Pantai Tanah Merah dan daerah pengempang.

“Selain menarik wisatawan, pengembangan objek wisata juga dapt untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Ridha.

Saat ini hanya ada sekitar tiga wisata yang menghasilkn pemasukn bagi daerah, diantaranya yakni Waduk Panji, Pulai Kumala di Kecamatan Tenggarong dan Pantai Tanah Merah Samboja.

“Oleh karena itu, kami akan melakukan pembenahan di semua objek wisata yang ada. Tujuannya adalah untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kukar dan meningkatkan PAD untuk Kukar,” terangnya kepada wartawan Selasa (19/3) kemarin.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa selain pembenahan, pihak Dispar juga gencar untuk mempromosikan obyek wisata di Kutai Kartanegara.

Harapnnya, dengan promosi yang intens jumlah wisatawan akan meningkat, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

“Kami berharap bahwa pengembangan objek wisata ini akan memberikan dorongan positif bagi pariwisata di Kukar serta membantu perkembangan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Bagikan:

Tinggalkan komentar