Dispar Kukar Dorong Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Melalui Pelatihan

Redaksi

Foto : Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma (Istimewa)
Foto : Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma (Istimewa)

Bebaca.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) tengah gencar menggalakkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan Pariwisata.

Mengambil langkah serius untuk memperkuat SDM Ekraf dan Pariwisata di Kukar, Dispar melibatkan masyarakat saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di tingkat desa dan kecamatan.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma menyampaikan, bahwa ide pelatihan untuk meningkatkan kompetensi terkait Ekraf dan Pariwisata mendapat sambutan positif di beberapa kecamatan, seperti Muara Wis, Muara Muntai, dan Kota Bangun.

“Dalam beberapa waktu lalu, kami telah menawarkan program pengembangan SDM Ekraf dan Pariwisata di sejumlah wilayah. Respons dari masyarakat terhadap program ini sungguh luar biasa,” ujarnya.

Program-program yang ditawarkan termasuk pelatihan dan sertifikasi untuk pemandu wisata, penjamak makanan, dan fotografi.

Triyatma menegaskan bahwa program ini ditujukan untuk daerah dengan potensi industri Ekraf dan Pariwisata yang signifikan, dengan tujuan mengakselerasi pengembangan pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami berharap program yang kami rancang dapat berjalan lancar, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku Ekraf dan industri pariwisata,” tutunya.

Pada akhirnya, ia menyoroti pentingnya sertifikasi dalam memberikan keyakinan kepada pengunjung dan konsumen terhadap layanan yang diberikan.

Penulis : Reihan Noor

Bagikan:

Tinggalkan komentar