Eksplorasi Wisata Samboja Barat Membangun Potensi Ekonomi Melalui Destinasi Menarik

Foto: Camat Samboja Barat, Burhanuddin (Istimewa)
Foto: Camat Samboja Barat, Burhanuddin (Istimewa)

Bebaca.id, Tenggarong – Kecamatan Samboja Barat, yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan masuk dalam wilayah kawasan IKN Nusantara, tengah mengembangkan sepuluh objek wisata dengan tujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Mantan Camat Samboja, Burhanuddin memaparkan, sepuluh objek wisata utama di wilayahnya, termasuk pemancingan Widuri, Batu Dinding, Lamin Etam Ambors, air terjun, Borneo Orangutan Survival (BOS), Ambalat Garden, Ambarawa Resort, Bukit Bengkirai, danau biru, dan pantai Ambalat.

“Kehadiran IKN membutuhkan fasilitas wisata, dan kami siap menyambutnya dengan memiliki beragam objek wisata unggulan,” ungkapnya.

Untuk mempromosikan objek wisata di Samboja Barat, upaya promosi dilakukan melalui media sosial kecamatan seperti akun Instagram “Patin Sambar” (Pusat Informasi Wisata Sambar).

“Masih ada tujuh objek wisata lainnya yang belum sepenuhnya dimanfaatkan atau dikelola,” tambahnya.

Meskipun demikian, Burhanuddin mengakui, bahwa informasi yang disajikan masih belum lengkap. Rencananya, data tambahan akan diperbaharui, termasuk informasi tentang jarak tempuh, fasilitas pendukung seperti restoran, dan pusat oleh-oleh yang tersedia bagi para wisatawan.

“Kami percaya bahwa dengan pengembangan objek wisata yang lebih baik, akan timbul pula pemberdayaan masyarakat secara alami,” katanya.

Kecamatan Samboja Barat memiliki posisi strategis yang tidak jauh dari fasilitas bandara besar di Balikpapan dan pelabuhan besar Kutai Kartanegara. “Kami yakin bahwa wilayah kami akan terus berkembang,” tuturnya.

Penulis : Reihan Noor

Share it:

Related Post