Gemerlap Pesta Laut Pesisir dan Komitmen Wabup Rendi Solihin

Redaksi

Foto : Wabup Rendi Solihin saat ikut memeriahkan Pesta Laut Pesisir (Istimewa)
Foto : Wabup Rendi Solihin saat ikut memeriahkan Pesta Laut Pesisir (Istimewa)

Tenggarong – Suasana meriah menyelimuti Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan digelarnya Pesta Laut Pesisir yang menjadi bagian penting dari budaya lokal. Acara yang diadakan pada Sabtu (2/3/2024) ini ditutup dengan serangkaian ritual belimbur.

Dengan tema “Pesisir Nusantara 2024”, hadirin yang penuh antusiasme memenuhi lokasi kegiatan, menunjukkan dukungan mereka terhadap acara yang diadakan secara rutin oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar sejak tahun 2018. Wakil Bupati (Wabup) Rendi Solihin turut menyemarakkan acara ini, menunjukkan komitmen Pemkab Kukar dalam memelihara warisan budaya.

“Antusias masyarakat luar biasa, ini mirip dengan sedekah bumi. Saya juga tadi terkena lemparan air ketika berlimbur,” ucap Rendi Solihin.

Wabup Rendi Solihin, yang terlibat aktif dalam acara ini, menyatakan kagumnya terhadap semangat dan partisipasi masyarakat. Dia juga turut serta saat ritual belimbur, merasakan kehangatan dan kebersamaan yang tercipta pada acara tersebut.

Ketua Adat Pesta Laut, Asnawi menjelaskan,bahwa Pesta Laut adalah ekspresi syukur atas berkah yang diterima, khususnya hasil tangkapan nelayan di laut. Ritual belimbur menjadi bagian tak terpisahkan dari acara ini, di mana nelayan saling melempar air untuk membersihkan diri dari energi negatif.

“Ini tanda syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hasil tangkapan nelayan dan sesajen lainnya kita larungkan kembali ke laut,” katanya.

Ritual belimbur menjadi sorotan utama ketika acara setelah hasil tangkapan nelayan dilemparkan ke laut. Ini merupakan usaha untuk membersihkan nelayan dari energi negatif dengan memanfaatkan air, sebuah harapan untuk mempermudah mereka saat mencari rezeki.

“Harapan kami, nelayan semakin diberikan kemudahan selama mencari rezeki, dan terima kasih kepada Pemkab Kukar yang telah menggelar kegiatan sangat meriah,” tambahnya.

Rendi menegaskan Pesta Laut Pesisir dipastikan akan tetap diselenggarakan setiap tahun sebagai upaya Pemkab Kukar dalam melestarikan kebudayaan lokal.

Selain itu, Rendi juga mengumumkan bahwa keseruan acara ini akan berlanjut hingga Rabu (6/3/2024), dengan kehadiran bazar UMKM dan penampilan sejumlah artis ternama Tanah Air, mulai dari Ghea Youbi hingga Guyon Waton.

Inisiatif Pemda untuk menjadikan Pesta Laut Pesisir sebagai tradisi tahunan menunjukkan kesungguhan seraya menjaga warisan budaya, yang diyakini akan terus diperkuat dan dirayakan oleh masyarakat setempat.
“Ini merupakan yang kelima kalinya digelar oleh Pemda, Insya Allah kita akan gelar rutin setiap tahunnya,” tutupnya.

penulis : Reihan Noor

Bagikan:

Tinggalkan komentar