Inisiatif Pemerintah Kukar Event Tahunan untuk Promosi Destinasi Wisata Desa

Redaksi

Foto : Event Kukar Kaya Festival yang digelar di beberapa Kecamatan yang ada di Kukar (Istimewa)

Bebaca.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kitai Kartanegara (Kukar) lewat Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar telah mengajukan permohonan kepada pemerintah kecamatan dan desa untuk mengorganisir acara tahunan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan destinasi wisata lokal kepada masyarakat lebih luas.

Upaya ini bertujuan memberikan peluang kepada pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan pengelola destinasi wisata di setiap desa agar mereka dapat memperkenalkan produk yang dimiliki.

Pariwisata Dispar Kukar,Triyatma menyatakan. Setiap desa diharapkan dapat menyelenggarakan event sebagai bagian dari upaya untuk memberikan kesempatan kepada pelaku Ekraf dan mempromosikan potensi wisata.

Dia juga menjelaskan bahwa menggelar event ini merupakan bagian dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kukar yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perputaran ekonomi yang terjadi selama event berlangsung.

Tiyatma juga menambahkan bahwa event-event yang diadakan di tiap desa selalu membawa dampak positif yang signifikan, mulai dari peluang usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga memperkenalkan potensi desa kepada masyarakat luas.

Bahkan, ia juga mencontohkan suksesnya Kukar Kaya Festival yang diadakan di beberapa kecamatan dan desa pada tahun sebelumnya, yang mampu menarik perhatian ribuan penonton dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Kaltim).

Triyatma menegaskan bahwa event semacam ini merupakan kesempatan emas untuk mempromosikan produk dan destinasi wisata desa kepada masyarakat yang lebih luas.

Penulis : Reihan Noor

Bagikan:

Tinggalkan komentar