Kades Kerta Buana Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemajuan Petani

Redaksi

Foto: Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki.
Foto: Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki.

Bebaca.id, Tenggarong – Desa Kerta Buana saat ini sedang mengalami gebrakan dalam sektor pertanian dengan berbagai program pembangunan yang dijalankan.

Pada tahun 2024 ini, program pembangunan yang sedang berjalan merupakan berbagai aspek penting dalam pertanian, diantaranya pembangunan turap sungai induk, irigasi, serta semenisasi jalan pertanian sepanjang 200 meter. 

Proyek-proyek yang dikerjakan awal tahun 2024 ini, nampaknya sudah selesai dikerjakan. Tetapi, tidak semua rencana berjalan mulus. Walaupun telah ada rencana untuk membangun gazebo kecil di lokasi tertentu, namun masih ada petani yang belum memberikan izin untuk pelaksanaannya.

“Kami akan terus memberikan edukasi kepada petani agar bisa mendukung rencana ini, karena para petani belum memberikan izin terkait pembuatan gazebo di sawah,” kata Kepala Desa (Kades) Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki.

Kemudian, pihaknya juga berencana untuk membangun dikawasan lapangan dengan ukuran 8×10 meter. Tujuannya, agar menjadi wadah berkumpulnya anak-anak guna meramaikn daerah tersebut.

Hal ini merupakan langkah persiapan guna menyambut rencana salah satu perusahaan tambang batubara yang akan membuat wisata sawah di desa tersebut.

“Kita akan imbangi dengan pembangunan gazebo-gazebo itu,” terangnya kepada wartawan Sabtu (30/3) kemarin.

Terkait alokasi anggaran, pihaknya merincikan, bahwa pemerintah mengucurkan sebesar Rp500 juta untuk pembangunan infrastruktur sektor pertanian.

“Hal ini menandai komitmen serius dari pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan pertanian di Desa Kerta Buana,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Bagikan:

Tinggalkan komentar