Kelurahan Melayu Miliki Bank Sampah Permanen di Eks Bangunan RS Parikesit

Redaksi

Foto: Lurah Melayu, Aditya Rakhman.
Foto: Lurah Melayu, Aditya Rakhman.

Bebaca.id, Tenggarong – Kawasan eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Muhammad Parikesit, Jalan Imam Bonjol Tenggarong akan dijadikan sebagai Bank Sampah.

Lurah Melayu Aditya Rakhman mengatakan, bahwa pihaknya akan memberi nama bank samph tersebut Melayu Berkah. Ia mengaku, pada 2018 lalu, Kelurahan tersebut belum memiliki tempat penampungan untuk pengelolaan sampah.

Maka dari itu, pihaknya mengajukan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) terkait rencana pembangunan bank sampah tersebut.

“Kami sudah mengajukan bantuan ke DLHK dan sudah disetujui untuk bisa dibangunkan gedung bank sampah permanen di eks bangunan Rumah Sakit AM Parikesit Tenggarong,” kata Aditya.

Dirinya menilai, kepedulian masyarakat terhadap mengumpulkan dan menyetorkan sampah rumah tangga sangat tinggi. Bahkan, sejumlh warga setempat juga siap membantu sebagai anggota bank sampah.

“Kami dari pihak Kelurahan juga membuatkan sebuah grup sebagai sarana komunikasi antara nasabah dan petugas bank sampah,” terangnya kepada wartawan Sabtu (30/3) kemarin.

Adapun untuk tindak lanjut dari sampah rumah tangga tersebut yaitu dengan mendaur ulang. Di samping itu, pihaknya juga telah menggelar pelatihan pembuatan paging blok dari plastik.

Kemudian lanjutnya, sementara ini pihakanya masih difokuskan menjual sampah mentah seperti plastik, kertas, dan krdus kepada pengepul.

“Saat ini, penjualan sampah dilakukan kepada pengepul karena sudah banyak sampah di gudang bank sampah. Warga sekitar siap membantu sebagai anggota bank sampah, yang dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Bagikan:

Tinggalkan komentar