Kukar Perkaya Destinasi Wisata Desa Wisata Pela Jadi Inspirasi

Redaksi

Foto: Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadirahardjo. (Istimewa)
Foto: Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadirahardjo. (Istimewa)

Tenggarong – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kini sedang mengupayakan tiga desa menjadi destinasi wisata yang memukau.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadirahardjo menjelaskan, bahwa rencana ini dimulai setelah Desa Wisata Pela meraih penghargaan nasional.

Menambahkan, Dispar Kukar memimpin inisiatif ini dengan tujuan untuk memperkaya pengalaman wisata para pengunjung. Desa-desa yang menjadi fokus proyek ini adalah Sumber Sari, Loa Duri Ilir, dan Muara Siran.

Selain itu, Dispar Kukar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) atas dukungannya dalam pengembangan Desa Pela sebagai desa ekowisata.

Bahkan, prestasi Desa Pela sebagai juara ketiga di kategori Kelembagaan Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, menjadi inspirasi bagi pengembangan desa-desa wisata lainnya.

“Atas capaian ini, Desa Pela sebagai desa wisata percontohan. Saya yakin desa wisata lain bisa mengikuti,” tambahnya.

Selanjutnya, Desa Sumber Sari direncanakan akan diubah menjadi Kampung Inggris, di mana penduduknya akan menggunakan bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, serupa dengan konsep Kampung Inggris di Jawa.

Namun, tantangan infrastruktur pariwisata yang kurang memadai menjadi perhatian serius. Banyak jalan yang belum layak untuk menuju destinasi wisata di wilayah tersebut.

“Kami berharap Pemprov Kaltim dan pemerintah pusat berpartisipasi membangun infrastruktur menuju destinasi wisata di Kukar,” tutupnya.

Dispar Kukar berharap agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan pemerintah pusat dapat bersinergi pada pembangunan infrastruktur, sehingga potensi pariwisata daerah ini dapat berkembang secara maksimal.

Penulis : Reihan Noor

Bagikan:

Tinggalkan komentar