Masuki Bulan Suci Ramadhan, Jam Operasi Objek Wisata di Kukar Dirubah

Redaksi

Foto : Kabid Pengelolaan Obyek dan Sarana Kepariwisataan, Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta (Iatimewa)
Foto : Kabid Pengelolaan Obyek dan Sarana Kepariwisataan, Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta (Iatimewa)

Bebaca.id, TENGGARONG – Kepla Bidang Pengelolaan Obyek dan Sarana Kepariwisataan, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar), M Ridha Fatrianta mengatakan, bahwa sejumlah objek wisata di Kukar tetap buka dibulan ramadan. Namun, ada penyesuaian pada jam operasi dan tutup satu jm lebih dulu.

Ia mengaku, bahwa pihaknya telah mendapatkan Surat Edaran (SE) yang diterbitkan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah terkait jam operasional objek wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Objek wisata di Kukar terap di buka pada bulan ramadan, tetapi akan ada penyesuaian jam operasi. Nantinya akan tutup satu jam lebih dulu. Nanti akan buka pada 08.00 WITA dan tutup satu jam lebih awal yakni pukul 16.00 WITA dan tidak ada perlakuan khusus,” kata Ridha.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa Surat Edaran tersebut hanya berlaku pada wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) diantaranya yakni Pulau Kumala, Planetarium, Waduk Panji Sukarame, dan Pantai Tanah Merah Samboja.

“Dan untuk wisata milik pribadi, mungkin semua tergantung pengelolanya. Karena edaran ini hanya untuk wisata yang dikelola oleh pemerintah,” jelasnya.

Menurutnya, kunjungan masyarakat pada saat bulan ramadan sangat menurun sekali. Sebab, masyarakat lebih fokus untuk memperbanyak ibadah ketimbang pergi rekreasi ketempat-tempat wisata.

“Mungkin banyak juga masyarakat yang ngabuburit ke tempat wisata seperti Planetarium. Karena kan baru beroperasi lagi,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Bagikan:

Tinggalkan komentar