Misi Baru Shin Tae-yong, Bawa Garuda Muda ke Babak 8 Piala Asia U-23

Redaksi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan) . (Istimewa)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan) . (Istimewa)

Jakarta – Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, benar-benar berupaya keras memperbarui kesepakatan kontrak dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kontrak pelatih asal Korea Selatan tersebut dijadwalkan akan habis pertengahan tahun ini.

Namun, proses perpanjangan kontrak tidak semudah yang dibayangkan. Erick Thohir mengungkapkan bahwa Shin Tae-yong memiliki satu target lagi yang harus dipenuhi.

Setelah sukses membawa Timnas Indonesia ke babak 16 Piala Asia 2023 Qatar, kini tugasnya adalah meloloskan timnas U-23 ke babak 8 Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Piala Asia U-23 2024 kabarnya dijadwalkan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Timnas U-23 Indonesia, yang dikenal sebagai Garuda Muda, tergabung dalam Grup A bersama Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

“Kemarin saya di-doorstop, ‘Pak Erick Thohir mencari pelatih lain?’ Saya bilang tidak ada. Saya menghormati kerja sama dan kesepakatan,” ungkap Erick Thohir dalam wawancaranya di YouTube Liputan6 yang tayang pada Minggu (4/2/2024).

Erick Thohir juga menyoroti isu-isu yang beredar, mengingatkan bahwa sebelumnya ada rumor yang menyebut pihaknya mendekati pelatih lain, seperti saat diklaim mengincar Park Hang-seo pada SEA Games 2023 di Kamboja.

“Saat SEA Games 2023, sempat ada mantan pelatih Vietnam disebut mau ke sini. Sama-sama orang Korea Selatan seperti coach Shin Tae-yong,” jelas Erick Thohir, menegaskan bahwa rumor tersebut tidak memiliki dasar.

Meski demikian, Erick Thohir telah menjanjikan perpanjangan kontrak selama tiga tahun lagi untuk Shin Tae-yong jika misi timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024 dapat berhasil diwujudkan.

Kontrak baru ini akan membawa Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia hingga tahun 2027, menandai komitmen jangka panjang dari pihak PSSI.

Bagikan:

Tinggalkan komentar