Program 25 Ribu Nelayan Produktif jadi Bukti Nyata Dedikasi Edi-Rendi di Kutai Kartanegara

Redaksi

Foto: Caleg terpilih dari PDI Perjuangan Rahmat Dermawan.
Foto: Caleg terpilih dari PDI Perjuangan Rahmat Dermawan.

Kutai Kartanegara – Rahmat Dermawan, caleg DPRD terpilih dari Kutai Kartanegara memuji kepemimpinan Edi Damansyah-Rendi Solihin, yang dirasa mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Salah satu perubahan positif yang menjadi sorotan politisi muda ini, yaitu meningkatnya sektor perikanan di Kutai Kartanegara. Baik dari segi produksi perikanan tangkap maupun budidaya.

Tercatat, produksi perikanan tangkap di Kutai Kartanegara mencapai angka 98.397 ton pada tahun 2023 dari sebelumnya hanya sekitar 80.748 ton saja.

Sedangkan produksi perikanan budidaya, meningkat sangat tajam sebesar 51 persen, mencapai 191.122,52 ton pada tahun 2023 dari sebelumnya 126.773 ton.

Tidak hanya itu, nilai produksi perikanan Kutai Kartanegara juga meningkat secara drastis, mencapai Rp8,92 triliun pada tahun 2023 dari Rp6,99 triliun pada tahun sebelumnya.

Keberhasilan ini tidak hanya tercermin dalam nilai produksi yang meningkat, tetapi juga dalam peningkatan kesejahteraan nelayan. Pasalnya, nilai tukar nelayan juga meningkat menjadi 103 pada tahun 2023, mendekati target akhir renstra sebesar 105.

Menurut Rahmat, kepemimpinan Edi-Rendi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara telah berhasil mendorong pertumbuhan sektor perikanan secara pesat.

“Keberhasilan tersebut dibuktikan melalui fakta dan data real, angkanya setiap tahun terus meningkat baik dari segi produksi maupun nilai tukarnya,” bebernya.

Hebatnya kata dia, program 25 ribu nelayan produktif yang diinisiasi Edi-Rendi berhasil menjangkau hampir seluruh nelayan dan pembudidaya di Kutai Kartanegara. Tentunya, ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat.

“Saya banyak menjumpai nelayan di lapangan, program 25 ribu nelayan produktif telah menunjukkan keberhasilan, nelayan kita terbantukan,” tambah Rahmat.

Rahmat menyimpulkan bahwa semua capaian luar biasa ini adalah hasil dari keseriusan dan komitmen Edi-Rendi dalam membangun sektor perikanan.

Dia menekankan bahwa program-program seperti Program Dedikasi Idaman juga telah membantu para nelayan dan pembudidaya perikanan produktif untuk mencapai potensi maksimal mereka.

Penilaian positif terhadap kinerja Edi-Rendi dalam meningkatkan sektor perikanan di Kutai Kartanegara ini bukan hanya dari pihak Rahmat Dermawan saja, tetapi juga dari berbagai elemen masyarakat.

Capaian ini merupakan bukti nyata bahwa kebijakan tepat dan dukungan yang kuat dapat mengubah kehidupan masyarakat secara signifikan.

“Dari perahu-perahu yang dulunya hanya berlayar mengikuti arus, kini menjadi kapal-kapal yang menentukan arah tujuan mereka sendiri,” tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar