Rendi Solihin ajak Masyarakat Kukar Meriahkan Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024

Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 digelar terpusat di halaman Pasar Samboja, Kukar, Kalimantan Timur. Mulai tanggal 2 - 3 Maret 2024.
Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 digelar terpusat di halaman Pasar Samboja, Kukar, Kalimantan Timur. Mulai tanggal 2 - 3 Maret 2024.

Kutai Kartanegara – Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin akan membuat even festival tahunan Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F) menjadi lebih meriah daripada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu program dari K3F yang jadi sorotan adalah Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024. Event ini digelar di halaman pasar Samboja dengan menghadirkan banyak artis top tanah air. Mulai tanggal 2-3 Maret 2024.

Pesta Laut Pesisir Nusantara akan mencakup berbagai hal tradisional seperti upacara ritual dan budaya lokal yang diiringi berbagai jenis musik. Harapannya, even yang menghadirkan Guyon Waton, Caca Handika dan Ghea Youbi ini bisa membangkitkan semangat dan gairah masyarakat Kutai Kartanegara.

Wakil Bupati Rendi Solihin membeberkan jika agenda utama dari even ini adalah ritual adat budaya pesta lau, melarung, berlimbur dan budaya hias perahu nelayan. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat menyaksikan berbagai hiburan musik, termasuk tari tradisional.

“Even ini tak boleh terlewatkan, karena seperti janji kami tahun lalu, even ini akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Even ini dianggap sebagai salah satu acara andalan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan tentunya sangat dinantikan oleh warga setempat. Selain sebagai hiburan, even ini juga menjadi ajang promosi potensi pariwisata dan budaya bagi Kabupaten Kutai Kartanegara.

Melalui peningkatan kualitas dan variasi konten, seperti pementasan seni tradisional, hiburan musik, dan pertunjukan budaya lokal, pemerintah daerah berharap dapat menarik perhatian lebih banyak wisatawan domestik maupun internasional.

Selain sebagai upaya bersama untuk terus melestarikan kebudayaan nusantara, even ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi melalui penjualan produk-produk kerajinan dan kuliner khas Kutai Kartanegara.

“Kami ingin pertumbuhan ekonomi lokal bisa meningkat, melalui penguatan sektor UMKM dan pariwisata,” jelasnya.

Ditegaskan Rendi, K3F 2024 ini akan terus digelar hingga akhir tahun mendatang. Maka itu, tak menutup kemungkinan jika even ini akan digelar juga di kecamatan lain. “Mari bergabung dan meriahkan K3F 2024 bersama-sama,” ajaknya.

Pesan terakhirnya, masyarakat yang hadir di Pesta Laut diharapkan senantiasa menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan di lokasi even. Dan, jangan lupa membawa uang untuk membeli produk UMKM masyarakat.

“Yang tak kalah penting lagi, yakni datang lalu memborong jajanan produk UMKM. Kita ingin semua sektor terkena manfaatnya, terutama perekonomian masyarakat setempat bisa meningkat,” harapnya.

Share it:

Related Post