Sky Tower Pulau Kumala Akan Kembali Bersinar Kolaborasi Pemerintah dengan Politeknik Atmi Surakarta untuk Perbaikan

Redaksi

Foto: Wahana Sky Tower yang ada di Pulau Kumala (Istimewa)
Foto: Wahana Sky Tower yang ada di Pulau Kumala (Istimewa)

Bebaca.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali Sky Tower, yang dulunya menjadi salah satu daya tarik utama di Pulau Kumala saat masih beroperasi.

Untuk mengoperasikan kembali menara setinggi 100 meter tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Ridha Fatrianta menjelaskan, mereka berencana untuk bekerja sama dengan Politeknik Atmi Surakarta untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

“Tapi ini prosesnya masih panjang, kita masih harus inventarisasi peralatan yang ada,” tuturnya.

Karena hal itu, sejak dibuka kembali untuk umum setelah pandemi Covid-19 pada tahun 2022, pemerintah sedang berusaha memperbaiki sejumlah wahana di Pulau Kumala. Salah satunya adalah mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali Sky Tower. Wahana ikonik ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan ke Kukar.

Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam rencana perbaikan Sky Tower ini adalah melakukan pendataan kondisi mesin dan peralatan.

Ridha juga menyebut bahwa Politeknik Atmi Surakarta telah meminta data-data Sky Tower untuk mengevaluasi kebutuhan perbaikan dan tenaga ahli yang diperlukan.

“Dari segi bangunan masih bagus. Kondisi besi juga, cuma mereka perlu melihat lagi jaringan kelistrikannya. Ini akan terus kami komunikasikan dengan pihak Politeknik Atmi Surakarta,” pungkasnya.

Penulis : Reihan Noor

Bagikan:

Tinggalkan komentar